السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

  • 05 April 2021
  • 23

SPAN–PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)

SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang terakreditasi dan Pesantren Muadalah yang secara sah mempero leh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren

Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: span-ptkin.ac.id

UM – PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)

UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: um-ptkin.ac.id

MANDIRI

Seleksi Mandiri merupakan pola seleksi yang diselenggarakan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk semua program studi baik umum maupun agama. Terdapat 4 (empat) jenis seleksi, yaitu:

  • Computer-Based Test (CBT)

Jalur Mandiri CBT merupakan seleksi dengan pola ujian menggunakan komputer. Calon mahasiswa datang langsung ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan melakukan tes dengan komputer yang telah disediakan. Pengumuman hasil tes diumumkan secara online sesuai jadwal seleksi CBT.

  • Prestasi

Jalur Mandiri Prestasi diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan kemampuan hafal Alquran minimal 26 juz dibuktikan ijazah dan verifikasi langsung; prestasi individu selama di SMA dalam bidang akademik, seni, olahraga dan keagamaan tingkat nasional yang dibuktikan dengan sertifikat/piagam yang dikeluarkan oleh Kementerian atau lembaga Republik Indonesia.

  • Portofolio

Jalur Mandiri Portofolio merupakan seleksi nilai UTBK atau nilai UM-PTKIN tahun 2021. Jalur Mandiri Portofolio juga merupakan jalur seleksi PMB bagi calon mahasiswa baru luar negeri yang telah lulus setara dengan pendidikan menengah.

Pada jalur Mandiri Portofolio ini terdapat program Mandiri Khusus Difabel untuk calon mahasiswa baru difabel. Informasi lebih lengkap tentang Admisi Khusus Difabel, silahkan lihat di link berikut: https://pmb.stainkepri.ac.id/

Pendaftaran Jalur Mandiri secara online https://pmb.stainkepri.ac.id/

Agenda Selanjutnya
Berita Terpopuler